Site Network: Home | Blogcrowds | Gecko and Fly | About PLC

Sistem penyaluran gelombang optik diharapkan mempunyai prospek yang baik bagi perhubungan jarak jauh berkapasitas tinggi dan perhubungan jarak pendek dengan ban frekwensi yang lebar bagi masa-masa yang akan datang karena kemampuannya menyalurkan ban frekwensi yang sangat lebar. Tetapi bagaimanapun, teknologi penyaluran gelombang optik bagi system ini masih dalam proses perkembangannya dan lintasan yang cukup teliti untuk memperoleh system optic bagi masa mendatang masih belum diciptakan.
Perkembangan dalam mempelajari penyaluran gelombang optic saat ini terutama terbatas pada materi, komponen dan pesawatnya. Masih perlu dipelajari lebih lanjut bagi penggunaan sistem ini secara praktis.

9.2.1 Sistem Penyaluran Gelombang optik

(1) Sistem Propagasi Ruang Babas

Sistem propagasi ruang secara optik mempunyai keuntungan dari sifat keserdehanaannya dan pengunaan sistem ini dengan kapasitas kecil pada saat ini sudah mungkin untuk dilaksanakan.


Gambar. 9.2.1 Diagram Penyaluran Cahaya Untuk Sistem Gelombang Pembawa.





(2) Sistem Penyaluran Melalui Kabel

Ada suatu media bagi penyaluran gelombang oprik seperti kabel optik yang mempunyai sifat flexibel seperti kabel biasa. Dengan metoda ini maka penyaluranya tidak lagi terpengaruh oleh keadaan cuaca dll, yang selalu mempunyai pengaruh terhadap propagasi ruang.
Pada saat ini ada 2 tipe fiber optik bagi pembuatan kabel optik yang mengkin dipergunakan bagi masa mendatang. Jenis ini adalah : tipe focussing dan tipe clad. Pada tipe focussing indek bias menuju pusat dari gelas fiber terbagi secara parabolik (parabolically distributed). Sedangkan untuk tipe clad bagian luar gelas fiber ditutup dengan gelas fiber lain yang mempunyai indek bias kecil, sehingga sinar tidak keluar dari gelas fiber disebabkan refleksi total pada permukaan yang mempunyai indek bias yang tidak merata.
Bagi keperluan kabel trunk media penyaluran multimode (misalnya gelas fiber tipe focussing) dianjurkan pemakaiannya, yang dengan mudah dapat dikoplingkan dengan diode luninous, yang sudah agak mudah dapat diperoleh bagi keperluan sumber oscilasi frekwensi optik.
Sedangkan bagi penggunaan penyaluran toll (toll transmission) kabel dengan mode tunggal, tipe clad atau tipe focussing yang mempunyai karekteristik lebar ban yang sangat besar, dianjurkan pemakaiannya demi untuk memperoleh cara penyaluran bebas cacat, pulsa berkecepatan tinggi.




Daftar 9.2.1 Metode dari fiber




Gambar 9.2.2 Konsep diagram sistem penyaluran cahaya lewat kabel



(3) Sistem penyaluran Optik dengan pancaran terpimpin (Optical beam guide transmission system).

Pancaran optik yang terpimpin (suatu sistem penyaluran optik, dimana lensa-lensa optik atau kaca-kaca cermin diatur pada kedudukan yang teratur bagi keperluan membimbing sinar) mempunyai keuntungan dengan rendahnya redaman penyaluran (mempunyai redaman kira-kira 0,5 dB/Km).

Gambar 9.2.3 Berkas Cahaya dalam tabung penyalur

9.2.2 Komponen Bagi penyaluran Gelombang Optik

Banyak jenis sumber frekwensi cahaya yang telah dikembangkan saat ini antara lain Gas Laser, solid-state Laser, Semiconduktor Laser, lominous diode, dll.
Yang paling menarik diantara jenis-jenis ini adalah semiconduktor Laser, yang mempunyai ukuran kecil dan cukup tinggi efisiensinya (pada tingkat lebih rendah dari 10%), sehingga dapat memodulasi tenaga yang rendah. Kerugianya terletak pada umurnya yang pendek (kira-kira kurang dari 100 jam pada temperatur ruang). Penyelidikan untuk memperpanjang umurnya sampai pada batas yang cukup praktis untuk pemakaiannya telah dilakukan oleh berbagai negara di dunia, dan untuk umur lebih dari 10.000 jam telah digaransikan saat ini, sehingga hasil produksinya telah sersedia bagi pemakaiannya secara praktis. Perbaikan akan terus dilakukan pada masa-masa mendatang dan suatu hasil dengan umur kira-kira 100.000 jam akan dikembangkan. Teknologi bagi masing-masing unit seperti modulasi, deteksi, FDM, TDM dan unit lainnya bagi gelombang optik masih terbatas bagi pengunaan praktis.


Download (.doc)

0 Comments:

Post a Comment